Pembinaan Anak-anak Sekolah Minggu Sangat Penting Dilakukan

Salam damai sejahtera di dalam Tuhan Yesus Kristus,

Melihat perkembangan dunia yang sangat pesat saat ini, orang tua harus berhati-hati akan dampak negatifnya terhadap anak-anak. Saat ini dunia usaha mainan anak-anak sedang berlomba mengekploitasi anak-anak untuk keuntungan mereka. Mereka menawarkan berbagai macam gadget dengan berbagai macam permainan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Coba kita perhatikan anak-anak di sekitar kita saat ini, hampir semuanya sibuk bermain gadget ditangan mereka.

Foto Ilustrasi : Alvin dan Echa sedang bermain dengan gadget


Permainan ini begitu menyita perhatian anak-anak sehingga dapat membuat seorang sibuk dengan diri nya sendiri dan cenderung tidak mau bergaul dan bermain dengan teman-teman di sekitarnya. Dampaknya bisa membuat anak menjadi seperti autis, sulit bersosialisasi, sulit konsentrasi mendengar, sulit berkomunikasi, tubuhnya lemah / tidak aktif bergerak, egois, dll. Adalah merupakan kewajiban orang tua untuk dapat mengawasi dan mengatur anak-anaknya agar mereka tidak tergantung / kecanduan permainan di gadget. Boleh main gadget tetapi harus dibatasi, di sini dibutuhkan kebijakan dan ketegasan orang tua.

Anak-anak Sekolah Minggu sedang diajak guru-gurunya untuk bernyanyi dan bermain. Salah satu aktifitas positif yang dilakukan untuk anak-anak

Gereja menyediakan waktu di hari Minggu untuk membina anak-anak di bidang kerohanian melalui Sekolah Minggu. Tidak hanya bidang kerohanian saja yang dibina, di Sekolah Minggu mereka juga dibina dalam hal kreatifitas, permainan fisik, bersosialisasi, saling memperhatikan satu sama lain, belajar disiplin, dll. Semua itu dilakukan agar mereka bertumbuh dalam iman dan juga karakter mereka terbentuk dengan baik.

Pembinaan yang dilakukan saat mereka masih kecil ini akan tertanam terus di dalam diri anak-anak dan itu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan fisik dan mental mereka. Peran guru-guru Sekolah Minggu sangat besar dalam membina anak-anak ini. Karena itu Gereja wajib untuk mendukung pengembangan pengetahuan guru-guru Sekolah Minggu. Dunia terus berkembang bersama dengan tantangan-tantangan baru, guru-guru Sekolah Minggu harus terus mengembangkan diri untuk menjawab tantangan-tantangan itu untuk menanggulangi dampak negatifnya terhadap anak-anak.

Anak-anak Sekolah Minggu sedang didoakan sebelum mereka masuk ke kelas mereka.

Peran orang tua teramat sangat penting dalam pendidikan anak-anak. Dukungan orang tua terhadap pendidikan di Sekolah Minggu juga sangat dibutuhkan. Tanpa dukungan penuh orang tua, hasil didikan guru-guru Sekolah Minggu akan kurang maksimal. Oleh karena itu setiap orang tua Kristen yang memiliki anak-anak kecil diharapkan untuk membawa anak-anak nya ke Sekolah Minggu setiap minggu.

Di Sekolah Minggu GMII Logos Jakarta pada hari Minggu tgl. 4 Pebruari ada acara ulang tahun salah seorang anak Sekolah Minggu. Sudah menjadi hal yang selalu dilakukan apabila dalam minggu itu ada yang berulang tahun, maka dilakukan acara sederhana untuk yang berulang tahun. Hal yang kecil tetapi akan meninggalkan kesan yang baik bagi si anak.

Amanda sedang meniup lilin ulang tahun. Selamat ulang tahun Amanda, Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s