Pemahaman Alkitab : Kelahiran Baru

Syalom,
Kelompok PA (Pemahaman Alkitab) wilayah Serpong kembali mengadakan persekutuan di bulan Juni ini, tepatnya pada tgl. 21 Juni 2018 yang lalu. Tema yang kita bahas pada pertemuan kali ini adalah : Kelahiran Baru (Yohanes 3 : 1 – 21).

20180621_194301a

Nikodemus adalah seorang Farisi yang juga salah satu orang penting pemimpin Yahudi. Sebagai seorang Farisi dan pemimpin Yahudi tentunya dia sangat mengerti tentang isi kitab suci agama Yahudi. Nikodemus datang menemui Yesus pada malam hari. Kenapa malam hari, kemungkinan itulah waktu yang dipandang baik untuk dapat berbicara dengan Yesus secara nyaman, tidak terganggu oleh kesibukan-kesibukan Yesus maupun Nikodemus sendiri. Mungkin juga karena ada alasan lain.

20180621_194323a

Dari perkataannya, Nikodemus mengerti dan mengakui bahwa Yesus adalah utusan Allah dan Roh Allah menyertai Yesus. Itu karena Nikodemus telah melihat banyak mujizat yang dilakukan Yesus di tengah-tengah masyarakat. Tetapi Yesus tidak memperdulikan apa yang dikatakan Nikodemus tentang diriNya. Yesus justru mengatakan hal yang lain yang justru sangat penting untuk diketahui oleh Nikodemus. Ayat 3:”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah“.

Perkataan ini tentu membuat Nikodemus bingung, bagaimana mungkin seorang manusia bisa dilahirkan kembali? Yesus melanjutkan di ayat 5: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah“.

20180621_194312a

Yang Yesus katakan bukanlah kelahiran yang umumnya dimengerti oleh manusia, bukan tentang kelahiran daging / tubuh jasmani, melainkan tentang kelahiran tubuh rohani. Pada prinsipnya semua manusia telah berbuat dosa dan dosa tidak mendapat bagian di Kerajaan Allah. Agar manusia dapat melihat dan masuk Kerajaan Allah maka manusia itu harus dikuduskan. Pengudusan itu terjadi apabila manusia itu percaya kepada Yesus Kristus sebagai penebusnya / penebusnya.

Ketika manusia percaya kepada Yesus Kristus sebagai penebusnya maka secara rohani manusia tersebut diperbaharui oleh Roh Allah dan Roh Kudus akan tinggal di dalam orang tersebut. Orang tersebut menjadi manusia baru yang dipenuhi (dikuasai & dipimpin) oleh Roh Kudus. Manusia tersebut sekarang telah menjadi milik Allah dan tidak lagi di bawah kekuasaan dosa. Dia ada di dalam Kristus dan Kristus ada di dalam dia. Dia telah menjadi manusia yang baru. Inilah yang disebut kelahiran baru. 2 Korintus 5:17 “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang“.

Yonahes 3 : 14-16 :”Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia akan ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kedada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”.

Pertanyaan nya: Apakah anda sudah percaya kepada Yesus Kristus sebagai juru selamat anda? Apakah anda telah lahir baru ? Apakah anda tahu dengan pasti bahwa anda akan masuk ke dalam Kerajaan Allah? Jika belum, sebaiknya segera mencari hamba Tuhan untuk membimbing anda.

 

 

 

One Reply to “Pemahaman Alkitab : Kelahiran Baru”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s